ShoutMix chat widget

Selasa, 02 Juni 2009

SUKSES SEJATI : HIKMAH DOA SAPU JAGAT

Muhammad Karebet Widjajakusuma
29 Mei jam 6:12

Saudaraku, setidaknya lima kali setiap hari melalui seruan muadzin, kita selalu diingatkan “hayyaa’alal-falah” – “bersegeralah engkau menuju kemenangan!”. Lima kali juga minimal dalam sehari usai sholat wajib kita membaca doa sapu jagat “Rabbana aatinaa fiddunia hasanatan wafil aakhirati hasanatan wa qinaa adzaabannar (Ya Allah, berilah kami kebahagiaan di dunia dan kebahagiaan di akhirat dan lindungilah kami dari siksa api neraka)”.

Saudaraku, dalam tafsir Ibnu Katsir, dijelaskan bahwa doa sapu jagat yang dipetik dari QS. Al Baqarah ayat 201 ini adalah doanya kaum mukminin. Doa ini dipuji Allah Swt, karena doa ini meliputi semua kepentingan dunia dan akhirat, doa ini meliputi semua kebaikan dan menghindarkan semua bahaya. Sebab, hasanah (kebahagiaan) di dunia itu meliputi keselamatan, kesehatan, rumah yang luas, istri yang berbudi baik (atau suami yang berbudi baik), rizki yang berkah dan luas, ilmu yang berguna, amal sholeh, kendaraan dan nama baik. Adapun hasanah di akhirat berupa aman dari rasa takut akan hari kiamat, hisab yang ringan dan masuk surga. Adapun minta dihindarkan dari api neraka, tujuannya adalah supaya dimudahkan melaksanakan semua sebab musababnya di dunia sehingga mudah meninggalkan semua yang dilarang dan haram serta dosa, juga semua subhat (Bahreisy dan Bahreisy, 1993).

Qatadah bertanya kepada Anas, “Doa apakah yang sering dibaca oleh Nabi SAW?” Jawab Anas, “ ialah Allahumma Rabbana aatinaa fiddunia hasanatan wafil aakhirati hasanatan wa qinaa adzaabannar” (HR. Ahmad).

Dalam riwayat yang lain, dikisahkan Abdurrahman bin Syaddad berkata, “Ketika aku di tempat Anas bin Malik tiba-tiba Tsabit berkata, Kawan-kawanmu ingin kamu doakan, maka Anas berdoa, Allahumma aatinaa fiddunia hasanatan wafil aakhirati hasanatan wa qinaa adzaabannar.” Lalu mereka berbincang-bincang sejenak kemudian ketika akan bubar mereka berkata, “ya Aba hamzah kawan-kawan ini ingin anda doakan.” Anas berkata, “apakah ingin memberatkan kepada mereka, jika kalian di dunia diberi Allah hasanah dan di akhirat juga hasanah dan terhindar dari api neraka, berarti kalian telah mendapat semua kebaikan.” (HR. Ibnu Abi Hatim).

Saudaraku, inilah sesungguhnya kesuksesan sejati yang harus digapai setiap muslim, termasuk kita pebisnis muslim. Sukses yang merengkuh sukses dunia dan akhirat sekaligus. Allah Swt memuji doa ini. Rasulullah SAW telah mencontohkannya. Dan Para Sahabat pun menjadikannya sebagai doa bagi sahabat yang lain. Nah, tunggu apalagi?

Dikutip dari buku motivasi metanoiac Islami
Be The Best, not ‘be asa’, M. Karebet Widjajakusuma, Gema Insani

tulisan ini saya tampilkan kembali untuk memenuhi permintaan dan melengkapi alur quote of the day yang telah disusun sedemikian rupa.

0 komentar: