ShoutMix chat widget

Sabtu, 18 Juli 2009

Manajemen Usaha 3 # Pengelolaan Mutu

Secara umum manajemen usaha/proses produksi adalah aktivitas pengelolaan fungsi-fungsi usaha yang mencakup pengelolaan proses/sarana usaha, pengelolaan kapasitas usaha, pengelolaan sediaan, pengelolaan SDM dan pengelolaan mutu.

Pengelolaan Mutu
Salah satu fungsi terpenting dari manajemen usaha adalah bertanggung jawab atas mutu barang atau jasa yang dihasilkan. Oleh karena itu, pengelolaan mutu ditujukan untuk memastikan agar barang atau jasa yang dihasilkan sesuai dengan standar mutu yang ditetapkan.
Contoh pengelolaan mutu. Konsumen kelas bawah dan menengah umumnya lebih suka dengan barang atau jasa yang berharga murah dan mutu yang lumayan, tidak tinggi. Sikap konsumen ini seringkali menjadi penentu loyalitas mereka untuk membeli atau menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan. Apalagi, pada jenis barang tertentu, konsumen menemukan ciri khas yang mengesankan. Atas dasar inilah, di sejumlah tempat di Jakarta, bermunculan usaha yang menggabungkan unsur kreativitas dengan sajian makanan. Ada mie ayam/mie baso ceker di bilangan Tebet, ada roti unyil yang khas Bogor, ada rujak bebek asli Garut yang mengitari Jakarta dll. Jadi mie ayam ditambah ceker, roti biasa dibuat dalam ukuran kecil agar bisa sekali santap, ada rujak yang disajikan sudah ditumbuk rada halus. Semua itu adalah kreativitas yang membuat khas dan akhirnya menjadi ciri khas yang dicari oleh konsumen. Ciri khas kini telah menjadi bagian dari mutu yang harus kita sajikan.

Kita pun tentu bisa membuatnya, asalkan mau dan tahu ilmunya. Insya Allah.


Dikutip dan dimodifikasi dari buku
Menggagas Bisnis Islami, M. Ismail Yusanto & M. Karebet Widjajakusuma, Gema Insani

0 komentar: