ShoutMix chat widget

Sabtu, 18 Juli 2009

Islam adalah agama spiritual dan politik

“Pada hari ini telah Aku sempurnakan untuk kalian agama kalian, dan Aku sempurnakan nikmat-Ku atas kalian dan Aku ridha Islam sebagai agama kalian.” (Al-Maidah: 3)

Dalam ayat yang mulia diatas, Allah SWT mengabarkan bahwa agama yang diturunkan oleh Allah SWT adalah agama yang sempurna, mencakup seluruh perkara yang cocok diterapkan di setiap zaman, setiap umat. Islam adalah agama yang sarat dengan ilmu, kemudahan, keadilan, dan kebaikan.Islam adalah pedoman hidup yang jelas, sempurna, cerdas dan lurus untuk dseluruh bidang kehidupan. Islam adalah agama dan negara (daulah), di dalamnya terdapat manhaj yang haq dalam bidang hukum, politik kemasyarakatan dan perekonomian serta segala perkara yang dibutuhkan oleh manusia dalam kehidupan dunia mereka, dan dengan Islam nantinya mereka akan bahagia di kehidupan akherat.

Setidaknya ada tiga konsep yang diatur oleh Islam.

Pertama : Mengatur segenap perbuatan manusia dalam hubunganya dengan Tuhan penciptanya, hal ini tercermin dalam keimanan dan Ibadah ritual dan spiritual. Semisal :Tauhid, Sholat, zakat, puasa dan lain sebagainya.
Kedua : Mengatur hubungan manusia dengan dirinya sendiri. Hal ini diwujudkan dalam perkara akhlak, pakaian, minuman dan lain sebagainya.
Ketiga : Mengatur manusia dengan lingkungan sosial. Hal ini diwujudkan dalam muamalah dan 'uqubat. Misal : sistem ekonomi Islam, sistem pemerintahan Islam, sistem politik Islam, sistem pidana Islam, strategi pendidikan, strategi pertanian, dan lain sebagainya.

Dapat disimpulkan Islam adalah agama spiritual sekaligus politik.. Islam sebagai agam spiritual maksudnya Islam bagaimana cara berhubungan dengan Tuhannya. Adapun secara politik , sebagaimana dijelaskan Hafidz Abdurrahman (Islam Politik dan Spiritual), sitem politik dalam pandangan Islam adalah hukum atau pandangan yang berkaitan denga cara bagaimana urusan masyarakat dikelola dan diatur dengan huku Islam.

Hal ini bisa dibuktikan secara historis, normatif dan empiris. Dengan melihat nash, dan fakta sejarah kegemilangan Islam sejak pertama kali tegak sebagai mabda' hingga runtuhnya Khilafah Islam di Turki pada tanggal 3 Maret 1924 M, serta sisa penerapan Islam di negri kaum Muslimin, terbukti bahwa Islam adalah agama spiritual dan politik.Wallohu 'alam bishowab

-An-Nidhomul Al-Islam, Taqiyuddin An-Nabhani
-Islam politik dan spiritual, Hafidz Abdurrahman
-percikaniman.org

0 komentar: